Animal :)










Asteria forberii :)
   Sungguh indah penghuni laut yang satu ini, terlebih dengan corak badannya yang berwarna merah sangat memanjakan mata. Mengingatkan kita terhadap tokoh Patrick di film Spongebob, tapi bedanya si Patrick berwarna pink. Hehe :D

Bintang Laut adalah binatang aneh, setidaknya dibandingkan dengan manusia. Bintang laut tidak memiliki darah atau otak. Mereka memiliki kemampuan untuk regenerasi dan dapat hidup sampai 35 tahun di alam liar.

KLASIFIKASI :
Kingdom         : Animalia
Phylum            : Echinodermata
Class               : Asteroidea
Order               : Forcipulatida
Family              : Asteriidae
Genus             : Asterias
Species           : Asteria forberii
Nama daerah  : Bintang Laut Merah

KARAKTERISTIK
Asteria forberii
·         Asterias forbesii mampu bergerak dengan menggunakan kaki amburakral tetapi geraknnya sangat lambat.
·         Sudah memiliki alat pencernaan yang sempurna yaitu terdiri dari mulut, faring, esophagus yang pendek, lambung, intestine dan anus.
·         Respirasi dengan menggunakan dermal branchia dan kaki tabung.
·         System syaraf terdiri atas cincin syaraf dan tali-tali syaraf pada bagian lengan-lengannya.
·         System peredaran darahnya meliputi pembuluh darah yang mengelilingi bagian mulut dan dihubungkan dengan lima buah pembuluh radial ke setiap lengan.

PERANAN

v  Merugikan karena dianggap merusak budidaya tiram mutiara dan kerang laut karena bintang laut merupakan predator hewan-hewan budidaya tersebut dan ada diantara jenis bintang laut yang memakan binatang karang sehingga banyak yang mati.
v  Menguntungkan karena sebagai pembersih, memakan bangkai atau sisa-sisa  hewan yang terdapat di pantai dan dijadikan sebagai barang hiasan/koleksi binatang laut yang indah. Selain itu studi terbaru dari ilmuwan kelautan menunjukkan bahwa bintang laut bisa menjadi obat untuk penderita asma dan radang sendi. 

5 Fakta Mengenai Bintang Laut

 [UNIKNYA.COM]: Bintang laut merupakan salah satu kekayaan hayati fauna yang seringkali dan mudah ditemukan di daerah pantai dan laut dangkal di seluruh belahan dunia. Namun walaupun demikian tidak semua orang mengetahui lima fakta seperti berikut ini:
1. Tidak semua bintang laut memiliki lima tangan
Beberapa memiliki lebih banyak. Sun Star misalnya, pada saat dewasa lengannya bisa mencapai 40 buah!
2. Bintang laut dapat meregenerasikan (menumbuhkan) lengannya yang putus
Hal ini berguna jika bintang laut terancam oleh predator, dia dapat memutuskan lengannya sendiri dan kabur. Dibutuhkan sekitar satu tahun untuk dapat tumbuh kembali.
3. Bintang laut tidak memiliki darah
Memiliki sistem vaskular air, di mana bintang laut dapat memompa air laut melalui pelat saringan atau disebut “madreporite” yang juga dapat menjadi kaki tabung untuk memperpanjang mereka. Otot di dalam kaki tabung menarik kembali mereka.
4. Bintang laut makan dengan mengeluarkan perut
Mulut bintang laut ada di bawah tubuhnya. Mereka memangsa kerang dan remis, serta ikan kecil, keong, dan lainnya.  Mereka mencerna binatang dan memasukkan perutnya kembali ke dalam tubuh sendiri. Mekanisme cara makan yang unik ini memungkinkan bintang laut untuk memakan mangsa yang lebih besar dan dapat masuk ke dalam mulutnya yang kecil.

Description: http://www.uniknya.com/wp-content/uploads/2011/06/1246248341_43b396c7b7.jpg
(Sumber: farm2.static.flickr)
 Description: (Sumber: 4.bp.blogspot)
5. Bintang laut memiliki mata
Meskipun mereka tidak dapat melihat serta seperti yang kita lakukan, bintang laut memiliki mata pada ujung setiap lengan. Mata bintang laut sangat sederhana, terlihat seperti titik merah. Matanya tidak melihat secara detail, tetapi bisa merasakan terang dan gelap.(**)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Bumi dan Isu Klise

Hari Bumi dan Isu Klise

FKIP